Jumat, 13 Januari 2012

tugas evalasi pembelajran

TUGAS
EVALUASI PENGAJARAN

BAHASA SASTRA DAN INDONESIA
Dosen Pembimbing : Fatmawati., M.Pd









Disusun oleh:
Ridha Sabrina
Kelas : 5 D




FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN SASTRA BAHASA INDONESIA
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
PEKANBARU
2011
1.      Definisi pengukuran:
Proses membandingkan tingkat keberhasilan pembelajaran dengan ukuran keberhasilan pembelajaran telah ditentukan secara kuantitatif.

2. Devinisi evaluasi
Proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu (tujuan kegiatan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, maupun objek ) berdasarkan kriteria tertentu.

2.      Karakteristik siswa
Motivasi), dan psikomotor (keterampilan, gerak, dan tindakan).

3.      Tujuan evaluasi pengajaran
(a)    Untuk mengetahui kemajuan, perkembangan, dan keberhasilan perseta didik setelah mengalami atau melakukan kegiatan belajar selama jangka waktu tertentu. (b) untuk mengetahui tingkat keberhasilan program pembelajaran. (c) dasar pertimbangan untuk keperluan bimbingan dan konseling (d) untuk keperluan pengembangan dan perbaikan kurikulum sekolah.


4.      Fungsi penilaian
Mengetahui apakah tujuan-tujuan pengajaran yang telah ditetapkan telah tercapai dalam kegiatan pembelajaran.

5.      Devinisi Penilaian
Proses pembuatan keputusan nilai keberhasilan pembelajaran secara kualitatif

6.      Evaluasi Pembelajaraan
Suatu proses sitematik dalam menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan


7.      Langakah-langakah penilaian portofolio
Suatu proses pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar peserta didik dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian, pelaksanaan berkelanjutan , bukti-bukti otentik, akurat dan konsisten sebagai akuntabilitas publik

8.      Kegunaan Penilaian Berbasis Sekolah
(a)    Sebagai umpan balik bagi perseta didik dalam mengetahui kemampuan dan kekurangannya sehingga menimbulkan motivasi untuk memperbaiki hasil belajarnya; (b) memantau kemajuan dan mendiagnosis kemampuan belajar perseta didik sehingga memungkinkan dilakukannya pengayaan dan remediasi untuk memenuhi kebutuhan perseta didik sesuai dengan kemajuan dan kemampuannya; (c) memberikan masukan bagi guru untuk memperbaiki progam pembelajarannya di kelas; (d) memungkinkan perseta didik mencapai kompetensi yang telah ditentukan walaupun dengan kecepatan belajar yang berbeda-beda; (e) memberikan informasi yang lebih komunikatif kepada masyarakat tentang efektivitas pendidikan sehingga mereka dapat meningkatkan partisipasinya.


9.      Jenis-jenis kemampuan berbicara
Bercerita singkat ,menceritakan kembali, berpidato, dan berdialog

10.  Penilaian Berbasis kompetensi
Suatu proses sistematik yang didasarkan pada kemampuan siswa untuk menetukan tingkat kenerhasilan siswa

11.  Evaluasi Kolboratif
Proses evaluasi yang dilakukan guru dengan cara bekerjasama dengan rekan sejawat atau siswa.

12.  Penilaian portofolio
Proses penilaian dengan menganalisis kumpulan tugas siswa yang disatukan dalam sebuah folder.
13.  Penilaian proyek
Proses penentuan nilai terhadap tugas yang dikerjakan siswa dalam kurun waktu tertentu.

14.  Tes kompetensi kebahasaan
Tes pembetukan kata, kata majemuk, kalimat, kosa, kata, dan ejaan.

15.  Ranah kognitif
Ranah yang berkaitan dengan pengetahuan/kemampuan intelektual. Kemampuan ini meliputi ingatan pemahaman , penerapan analisis, sintesis, dan evaluasi.

16.  Tes aspresiasi sastra
Tingkat informasi , tingkat konsep, tingkat perspektif , dan tingkat apresiasi.

17.  Tujuan evaluasi pengajaran
Estetis, kritis, dan cepat.

18.  Memberikan objektivitas pengamatan kita terhadap perilaku hasil belajar siswa.



19.  PBK
Perencanaan tugas, penentuan kriteria, penentuan standar kualitas, dan pelaporan hasil.

20.  Langkah-langkah penilaian performansi
Koleksi, organisasi, refkelsi, dan presentasi tugas-tugas siswa.

21.  Langkah-langkah penilaian proyek
Penentuan bentuk tugas, perencanaan penilaian, merancang spesifikasi proyek yang berfokus pada proses, dan menentukan format/aspek-aspek yang dinilai.

22.  Evaluasi kemampuan menulis
Menceritakan gambar, menceritakan kembali, menyadur, membuat ringkasan/rangkuman,sipnosis, dan menulis bebas

23.  Langkah-langkah evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra indonesia
Tahap persiapan , tahap pelaksanaan, tahap pengelolaan hasil, dan tahap tindak lanjut.

24.  Langkah-langkah evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra indonesia
Tahap langkah-langkah evaluasi pepmbelajaran bahasa dan sastra Indonesia

25.  Langkah-langkah tahap persiapan evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra indonesia
1)      Perumusan tujuan evaluasi;
2)      Penetapan aspek-aspek yang akan dievaluasi;
3)      Menetapkan metode dan bentuk evaluasi (tes/nontes);
4)      Merencanakan waktu evaluasi;
5)      Melakukan uji coba(untuk tes) agar dapat mengukur validitas dan realibitasnya).

26.  Kegunaan tahap tindak lanjut
1)      Memperbaiki proses belajar mengajar
2)      Memperbaiki kesulitan belajar siswa
3)      Memperbaiki kesulitan belajar siswa
4)      Membuat laporan evaluasi (rapor).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar